Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Adaptor LCD Nokia 6610




















Tentu akan bangga jika kita bisa menggunakan LCD Nokia 6610 ini kedalam aplikasi yang akan kita buat, apapun itu aplikasinya yang pasti akan menambah nilai plus. Disamping karena harganya yang mahal dan jenis LCD ini juga mempunya tampian yang jauh lebih indah daripada jenis LCD 16x2.
  
Dalam memilih LCD Nokia 6610 ini yang perlu diperhatikan adalah tipe chip pengendalinya (controller) yang digunakan. Terdapat dua jenis kontroler yang umum dipakai, yaitu seri EPSON S1G1DXX dan NXP PCF833. Kebanyakan LCD nokia yang beredar dipasaran kompetible dengan kontroler NXP PCF8833 (dulunya PHILIPS). Untuk mengetahui controler apa yang ada pada LCD yang sudah kita beli, lepaslah stiker pengaman yang terletak dibelakang LCD.

LCD Nokia 6610 ini sebenarnya mudah untuk dioprasikan karena sudah terdapat fasilitas yang memudahkan bagi programer. Yaitu pengaturan kontras, internal video buffer ( kita tidak perlu mengalokasikan memori untuk video buffer secara software seperti jika kita mengakses monitor komputer, hanya saja pada LCD ini bersifat write only sehingga tidak memungkinkan memproses data secara langsung pada buffer).

Perangkat Keras
LCD ini bekerja pada tegangan 2 - 3,3 V untuk tegangan logikanya, dan 2,7 - 3,3 V untuk tegangan layarnya. Sementara untuk backlight dibutuhkan tegangan antara 5 - 7 Volt dengan arus maksimum 200 mA. Dalam kenyataanya tegangan logic dan tegangan layar (display) disambung dengan tujuan untuk mempermudah, sedangkan untuk tegangan backlight tetap dibuat terpisah. Yang perlu diperhatikan adalah karena sifat dari LCD ini yang memfilter cahaya (bukan memancarkan cahaya seperti LED) agar warna dari pexel yang ditampilkan dapat sampai ke mata, backlight harus dalam kondisi menyala. Dan jika backlight tidak menyala maka warna tidak akan tampil karena tidak adanya cahaya yang difilter.

Mode Kerja
Berdasarkan datasheet dari PCF8833 menerangkan sebenarnya IC kontroller memiliki 2 jenis antarmuka yang berbeda, yaitu Mode 80 dan Mode ISP. Mode 80 berkomunikasi secara paralel synchronous, sedangkan mode SPI menggunakan komunikasi serial synchronous. Ketika kita membeli LCD Nokia 6610, IC kontroler PCF8833 secara otomatis (default) adalah konfigurasinya SPI

Leadis LDS176 controller, 132 * 132 pixel dengan 256 dan 4096 mode warna
Dengan antarmuka ISP 
Tersedia dua type Epson dan Philip



Info dan pemesanan
microvision.jogja@gmail.com
sms 085725037948

Post a Comment

0 Comments