Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Raspberry

Pendahuluan
Raspberry Pi atau Raspi adalah komputer kecil (micro-computer) seukuran sebuah kartu kredit. Raspberry Pi memiliki prosesor (ARM cortex), RAM dan port hardware yang khas yang seperti umumnya ditemukan pada banyak komputer. Diantara kelebihan Rasberry Pi dibanding board microcontroller  yg lain yaitu mempunyai Port/koneksi   untuk display berupa TV atau Monitor PC serta koneksi USB untuk Keyboard serta Mouse Ini berarti, kita dapat melakukan banyak hal seperti pada sebuah komputer desktop seperti mengedit dokumen, memutar video HD, bermain game, coding dan banyak lagi. Raspberry Pi dibuat di inggris oleh Raspberry Pi Foundation Pada awalnya Raspberry Pi ditunjukan untuk modul pembelajaran  ilmu komputer disekolah.

Raspberry Pi juga bagus dalam melakukan banyak hal yang tidak membutuhkan komputer mahal untuk membuatnya. seperti berjalan sebagai NAS (Network Attached Storage), web server, router, media center, TorrentBox dan masih banyak lagi.

Sistem operasi utama untuk Pi adalah Raspbian OS dan didasarkan dari Debian (based on debian). Ini adalah distribusi Linux sehingga Anda mungkin akan merasa sedikit berbeda jika Anda sering menggunakan komputer Windows. Meskipun sistem operasi yang didukung utama adalah Raspbian Anda juga dapat menginstal sistem operasi lain seperti Ubuntu core dan Ubuntu mare, Pirate OS, OSMC, RIS OS, Windows 10 IOT dan banyak lagi.




Raspberry Pi board mempunyai  input dan output antara lain :
  • HDMI,  dihubungkan ke LCD  TV yg mempunayi port HDMI atau dgn cable converter HDMI to VGA  dapat dihubungkan ke  monitor PC.
  • Video analog  (RCA port) ,  dihubungkan ke Televisi sbg alternatif  jika anda tdk memilih monitor PC .
  • Audio output
  • 2 buah port USB  digunakan untuk keyboard dan mouse
  • 26 pin I/O digital
  • CSI port (Camera Serial Interface )
  • DSI (Display Serial Interface)
  • LAN port (network)
  • SD Card slot untuk  SD Card  memori yg menyimpan sistem operasi berfungsi spt hardisk pd PC.



GPIO adalah General purpose Input & Output, dalam hal ini Raspberry mempunyai 26 PIN GPIO yang bisa dimanfaatkan. Selain sebagai fungsi input dan output, terdapat beberapa pin GPIO yang berfungsi ganda misalnya sebagai komunikasi serial UART (TX/RX), I2C, SPI.



Raspberry Pi Operating System
Untuk menggunakan Raspberry pi kita memerlukan operating system (contoh OS : windows, linux,mac ,Unix  dst)  yg dijalankan dari SD card pad board Rasberrry  tdk seperti pada board microcontroller AVR yg selama ini kita pakai tanpa OS .  Operating system yang  banyak dipakai  antara lain  Linux  distro Raspbian . OS disimpan di SD card  dan saat proses boot OS hanya bisa dari SD card tdk dari lokasi lain.

OS  yang bisa di jalankan di Raspberry board antara lain :  Arch Linux ARM, Debian GNU/Linux, Gentoo, Fedora, FreeBSD, NetBSD, Plan 9, Inferno, Raspbian OS, RISC OS dan Slackware Linux. Jadi dlm menggunakan microcomputer  Raspberry Pi ini kita seperti menggunakan PC yg berbasis linux  plus  yg mempunyai input output digital spt  yg ada di board microcontroller. Gambar Berikut ini contoh 1 set micro computer Raspberry Pi dgn OS LINUX  Rasbian  yang siap pakai:



Model Raspberry
Ada 3 model yang berbeda dari Raspberry hingga saat ini, sedikit review raspberry pi agar anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan

1. Raspberry Pi A+ 
Raspberry Pi A+ adalah cersi dari raspberry pi yang rendah spec dan harga. versi ini hanya memiliki satu port USB, konsumsi daya yang rendah, tidak ada port Ethernet dan hanya 256mb ram. Versi dari Pi lebih cocok untuk proyek-proyek yang tidak memerlukan sejumlah besar power untuk pemrosesan, anda dapat menggunakannya untuk project-project seperti robotika, pesawat remote control / mobil dan project sistem embedded.

2. Raspberry Pi B dan B+
Raspberry Pi B+ dan B adalah versi sebelumnya dari raspi yang kini telah digantikan oleh Raspberry Pi 2. Versi B + memiliki satu CPU core, 4 port USB, slot kartu micro SD dan konsumsi daya yang rendah. Hal ini meningkatkan pada model sebelumnya B yang hanya memiliki 2 port USB, konsumsi daya yang lebih tinggi, ukuran SD Card Slot dan beberapa hal lainnya.

3. Raspberry Pi 2
Raspberry Pi 2 adalah versi terbaru dari Pi dan versi tercepat dari Pi saat artikel ini ditulis. Raspberry pi 2 dan versi B+ adalah versi paling populer yang dapat anda temukan karena kekuatan pemrosesan dan jumlah port yang bisa anda dapatkan.
Raspberry Pi 2 adalah penggantian B + dan memiliki fitur 900 MHz quad core CPU dan 1 GB ram. Sisa dari spesifikasi tetap sama seperti apa yang akan Anda temukan di model sebelumnya yaitu Raspberry Pi B+.


Post a Comment

0 Comments