Hot Posts

6/recent/ticker-posts

AT COMMANDS (basic)

AT COMMANDS adalah perintah-perintah yang diberikan sehingga kita dapat berkomunikasi dengan modem atau HP kita. Kenapa namanya at commands katanya karena semua perintah diawali dengan "AT", itulah kenapa disebut dengan at commands.










Bagaimana caranya kita dapat berkomunikasi dengan modem atau HP menggunakan at commands ini? Caranya adalah menggunakan software bawaan dari windows-xp yaitu Hyper Terminal. Setelah modem kita tancapkan di port serial (DB9) kemudian bukalah Hyper Terminal dan seting parameter yang ada mulai dari pemilihan port dimana modem ditancapkan kemudian setting lain seperti baud rate (kalau defaultnya modem weavcom itu baud ratenya adalah 115200, tetapi bisa dirubah menjadi 9600), data bit adalah 8, parity none, stop bit 1 dan flow control none.







Setelah cukup klik OK dan selamat Anda sudah dapat berkomunikasi dengan modem anda. Sebenarnya jenis komunikasi yang bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan modem ada dua yauti jenis PDU dan mode text, kebanyakan modem sekarang mendukung kedua jenis mode komunikasi tersebut. Baiklah langsung saja dalam jendela hyper terminal ketikan "AT" (menggunakan huruf kapital). Perintah ini untuk mengecek apakah interface / komunikasi antara modem dengan PC sudah ok, kalau sudah oke maka modem akan membalas dengan mengirim "OK" ke terminal hyper terminal.

AT   (perintah yang diberikan)
OK  ( jawaban dari modem)

Biasanya untuk pertama kali modem dipakai ketika kita mengetikan AT maka modem akan membalas dengan mengirim lagi AT ke layar hyper terminal. Inilah yang dinamakan echo, untuk memudahkan dan tidak terganggu sebaiknya echo dimatikan dengan cara mengetikan perintah "ATE0" (nol bukan O)diikuti dengan enter. Kalau sudah coba ketikan AT pasti sudah tidak muncul lagi balasan dari modem sebelum perintah diakhiri oleh enter.

Berikut adalah perintah-perintah AT Commands yang sering digunakan:
AT+CSQ   - perintah untuk mengetahui kekuatan sinyal operator dari kartu yang dipakai
contohnya:
AT+CSQ    
+CSQ: 14,0   (balasan dari modem) angka 14 menunjukan kekuatan sinyal

AT+CNMI - Untuk menampilkan pesan yang baru masuk
AT+CMGF  - Untuk memilih mode PDU atau text
AT+CMGF=1 adalah untuk menset modem pada mode text
AT+CMGF=0 adalah untuk menset modem mode PDU

berikut jenis-jenis perintah at commands:









untuk lebih lengkapnya silahkan download manual dari modem WEAVCOM untuk mengetahui lebih banyak perintah yang digunakan beserta fungsinya di link ini.

Post a Comment

0 Comments