Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Memperbaiki Gas Analyzer

Service Gas Analyzer
QROTECH QRO-401 / QRO-402 / HESHBON HG-520 / KOENG KEG-500

Qrotech adalah salah satu gas analyzer yang cukup familier didunia pendidikan khususnya di teingkat SMK jurusan otomotif (teknik kendaraan ringan atau teknik ototronik). Gas analyzer buatan Korea ini cukup handal dan dari segi harga cukup terjangkau (kurang lebih 32an juta rupiah). Gas analyzer ini dapat digunakan untuk mengetahui kadar gas buang kendaraan baik bensin (gasloin) ataupun solar (diesel), seperti lamda, afr, ppm dan lain sebagainya.

Baiklah langsung saja kita bahas bagaimana memperbaiki produk asal Korea ini dengan jenis kerusakan yaitu alat tidak dapat beroprasi sebagaimana mestinya alias tidak mau hidup (semua display mati). Pada kondisi alat normal adalah ketika alat dihidupkan display akan menyala  dengan terlebih dahulu diawali dengan bunyi beep. Setelah itu display akan menampilkan data spesifikasi dari alat tersebut sepert data berupa tahun (sepertinya tahun pembuatan) dan informasi lain, setelah itu akan menghitung mundur biasanya dimulai dari 180 dan terus berkurang sampai dengan 0. Ini adalah proses kalibrasi internal dengan tujuan menyiapkan sensor-sensor berada dalam kondisi zero dan siap digunakan. Dan setelah selesai menghitung mundur selesai maka alat akan menampilkan informasi ready pada display, artinya gas analyzer siap digunakan.

Berikut adalah penampakan dari gas analyser merek qrotech dengan seri qro-401:















Pertama bongkar atau buka cashing dari gas analyzer diatas dengan membuka 5 skrup, dua disamping kiri dan dua dikanan serta satu di belakang. Kalau sudah perlahan angkat penutup bagian atas dari body dengan sekidit agak digeser/tarik ke belakang kemudian angkat keatas, hati-hati jangan langsung diangkat terlalu tinggi karena terdapat kabel data printer yang menghubungkan printer dengan mainboard yang menempel pada body gas analyzer. Lepas kabel data tersebut dari socketnya dan taruhlah ditempat yang aman.

Setelah terbuka tutup bagian atasnya (dan samping kiri-kanan) sekarang tinggal bagian belakang dan depan dari alat. Sekarang terlihat keseluruhan bagian dari gas analyser ini, terdapat banyak selang dan juga kabel. secara garis besar bagian-bagian dari gas analyser ini adalah:
- bagian power suplay
- Sensor-sensor
- bagian sinyal conditionging
- Pompa selenoid 
- Display control board
- Display (7-segment)
- Membran switch

Periksa dan perhatikan dengan cermat bagian-bagian diatas, seperti sambungan selang (nepel), sambungan kabel pada socket dan juga komponen-komponen secara seksama. Setelah dipastikan semua aman dan tidak ada kejanggalan pasang kabel pada soket belakang gas analyzer dan coba hidupkan alat, lalu ukur keluaran dari bagian power suplay (adaptor). Bagian ini berada disebelah kiri belakang, berwarna putih dengan cashing berlubang-lubang seperti rumah tawon.Perhatikan terminal kabel pada bagian ini, terdapat Vin yaitu tegangan listrik 220V AC atau tegangan input dan Vout atau tegangan keluaran (terdapat dua tegangan keluaran yaitu 12V DC dan 5VDC). Pastikan tegangan input masuk pada terminal Vin yaitu 220V AC dan tegangan keluaran yaitu 12 dan 5 Volt DC dan pastikan kipas yang terdapat pada bagian belakang berputar.

Kemudian matikan alat dan lepaskan kabel dari sumber tegangan listrik untuk menjaga keamanan. Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan bagian display, bagian ini terdapat pada atau menempel pada tutup depan. Terdapat dua bagian yaitu mainboard display dan display board. Pertama lepaskan kabel-kabel yang menghubungkan display board tersebut dengan bagian lain, dengan cara melepas socket masing-masing. Lalu buka dua mur pada bagian bawah yang mengunci bagian depan cashing dengan bagian bawah cashing dari gas analyzer. Jika sudah tarik berlahan dan lepaskan bagian depan cashing dari tempatnya dan simpan ditempat yang aman. 


Pada cahing depan ini terdapat tiga bagian yaitu CPU Display Mainboard, Display Board dan Membran Switch. 

CPU Display Board














Display Board (7-segmenta)













Membran Switch













Diantara tiga bagian diatas, bagian yang paling penting adalah CPU Display Board. Disinilah proses pengambilan data hasil pengukuran yang dilakukan oleh sistem kemudian menampilkanya menjadi berup angka-angka pada led 7-segment. Bagian ini terdiri dari CPU atau otak dari board ini yaitu mikrokontroler AVR, komunikasi serial rs232, dan driver untuk display 7-segment, port/socket untuk membran switch, jam digital RTC1302 serta port untuk printer. 





































Setelah selesai dilakukan penggantian baterai dan komponen lain dan pen-jumperan kabel, pasang atau rakit kembali board seperti semula dan coba hidupkan kembali gas analyzer. Jika setelah dilakukan perbaikan dan diaplay masih belum menyala, atau menyala tetapi tidak sempurna. Langkah terakhir adalah mengganti CPU display board tersebut dengan yang baru dengan harga yang lumayan murah yaitu sekitar 4 juta rupiah, murah kan? hehe.... 
















Jika ternyata setelah diganti display kemudian system sudah bekerja normal dan dengan tampilan pada 7 segment normal tetapi ketika tombol ditekan dan alat tidak merespon maka selanjutnya adalah perbaikan pada bagian membran switch. Tetapi biasanya bagian ini tidak bisa diperbaiki karena berupa kabel data yang terbuat dari plastik, jadi jalur tembaga seperti pada PCB tetapi ini disebuah bahan plastik. setelah dilepas dari bodinya membran switch adalah sebagai berikut (dilihat dari belakang). Saran saya ganti saja dengan yang baru, harganya cukup murah sekitar 850 ribu, hehe...



















Kalau sudah dilakukan penggantian membran switch rakit kembali masing-masing bagian sebagaimana mestinya dan hidupkan kembali Gas Analyzer. 















Dan selamat Anda sudah memperbaiki sendiri gas analyzer Anda, dan kalau Anda tidak bisa atau takut untuk memperbaiki sendiri silahkan bawa ke workshop kami. Dengan senang hati kami siap membantu Anda dengan biaya yang terjangkau dan tentunya bergaransi. Kami menerima perbaikan, kalibrasi ulang, perawatan berkala tahunan dan juga penggantian komponen seperti sensor oxygen dan lain sebagainya. Kami menerima perbaikan dan perawatan berkala semua merek gas analyzer seperti TEXA Gasbox, BraiBee, QROTECH, KOENG, HESHBON, AIRREX, NEXTTECH dll.



Microvision Technology
Email: microvision.jogja@gmail.com
Contac Person / Fast Respon:
Tlp/WA:
MULYA: 0823-1338-8266

Post a Comment

21 Comments

  1. Mas kalo cpu nya ada yg kebakar kira2 harganya berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cpu display board harganya sekitar 4,5jt

      Delete
  2. Mau tanya ,kenpa gas analyzer agkanya tidakau berubah/tidak mw deteksi agka gk.mw respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah waktunya dilakukan penggantian sensor O2, dan kalibrasi.

      Delete
    2. Izin bertanya, untuk sensor O² letaknya di mn dan bagaimana cara kalibrasinya, terima kasih.

      Delete
  3. Mas kalo pada saat leak test hasil fail, itu penyebabnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terdapat kebocoran pada saluran sirkulasi udara

      Delete
  4. maaf pak, kalau hot print tidak bisa mencetak knapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa soket-soket kabel, baik kabel data atau kabel power. pastikan bersih dan terhubung dengan baik tidak kendor atau kocak.

      Delete
  5. maaf pak kalo gaz anlizer di on tp tdak mau menyala itu apanya y pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang sama sekali menyala pertama periksa kabel power, jika kabel ok berikutnya adalah pemeriksaan saklar on/off yang juga didalamnya terdapat fuse/pengaman. Tapi jika saat dihidupkan terdengar bunyi beep atau tiit dan kipas di belakang berputar, artinya gas analiser sudah hidup tapi display tidak menyala. biasanya kerusakan pada cpu display board.

      Delete
  6. Mohon petunjuk.
    Ini di Gas Analyzer di tempat kami kog pada saat mau di-print malah kembali restart.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa soket sambungan kabel mungkin ada yang kendor atau kotor yang menyebabkan arus tidak mengalir dengan sempurna.

      Delete
  7. ijin bertanya mas...gas analyzer saya merk hesbone hg520 hasil print tidak terlhat ..kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti kertasnya dengan yang baru, jika hasil print out masih kosong berarti heater pada printer bermasalah. printer ini jenis thermal printer yang tidak menggunakan tinta.

      Delete
  8. Klo perbaikan gas analyzer HESHBON HG-520 waktu print tinta tidak keluar dan O2 tidak mau ke 0% tetap 20%

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu print kertas tidak keluar atau kertas keluar tapi kosong tidak ada tulisan? untuk sensor O2 idealnya saat tidak ada asap nilainya 20%, kemudian setelah ada asap akan turun (9 - 15% tergantung jenis dan kondisi mesin kendaraan).

      Delete
  9. Hola buenas noches donde los puedo encontrar

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kalau cpu display board untuk gas analizer heshbon ada ya dan membran switch

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum bang di dasbor hc 0,co2 0,02 0 itu kenapa ya

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda